2 Tradisi Kearifan Lokal Gresik yang Harus Kamu Tahu!


Sedulur Nurcha, punya tradisi dan aturan adat yang berasal dari daerah atau kearifan lokal, sudah selayaknya dijaga dan dilestarikan. Di daerah kamu, pasti ada dong, yuk bercerita.

2 tradisi kearifan lokal itu membahas tentang Kolak Ayam Gumeno dan juga kegiatan Krayahan untuk si buah hati yang baru lahir, penulisan ini juga merupakan gebrakan yang dilakukan oleh salah satu grup Internetnya Indonesia, siapa dia, nanti dibahas di bawah ya!

2 Kearifan Lokal Gresik, dan Sedikit Penjelasannya

Sebenarnya, saya sangat berharap bisa menuliskan kearifan lokal dari kegiatan yang mau saya ceritakan. Bahkan kepingin menulis 1 kearifan lokal, dalam 1 artikel. Tetapi karena terbatas keadaan, saya akan menampakkan 2 kearifan lokal daerah Gresik ya, ini dia:

Kolak Ayam Gumeno

Banyak sekali tradisi lokal atau sebuah kegiatan yang diadakan sebelum datangnya bulan ramadhan, yups tujuannya adalah untuk menyambut ramadhan datang. Akan tetapi, ada juga loh yang digelar ketika Ramadhan sedang berlangsung, salah satunya kolak ayam Gumeno.

Bagi yang belum pernah mencicipi, pasti penasaran dengan kolak yang satu ini. Jika kamu sudah pernah tahu, rupanya kayak bubur namun dengan tekstur yang lebih encer, ya kalau diamati, cair, layaknya kolak, namun Bagaimana dengan rasanya?
Kolak sudah pasti banyak yang tahu kan, ia lebih encer, dan dengan rasa yang sangat menggoyang lidah, namun kamu akan menemukan hal yang berbeda dari biasanya, yaitu aroma menyengat dengan khasnya Jintan Hitam.
Sebenarnya itu adalah salah satu ritual keagamaan yang dilakukan oleh warga Gumeno, dalam rangka menghargai budaya luhur masyarakat lampau, dan tentunya ada cara khas yang dalam menjalankan tradisi itu, yaitu datanglah di waktu mendekati jam berbuka puasa.

Lokasi yang dibuat untuk melakukan pengajian bareng, dan juga membaca sholawat dan lain sebagainya, hingga menjelang waktu maghrib, adzan pun berkumandang. Banyak sekali yang datang ke masjid Gumeno, baik untuk menghargai leluhur, atau dengan tujuan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan urusan.
Bahkan ada yang datang ke sana dalam rangka ingin mendapatkan obat. Kolak ayam yang disajikan, baik dibungkus plastik atau yang lainnya, merupakan bentuk makanan yang bisa dimanfaatkan untuk obat. Jintam hitam ini bisa untuk mengontrol Kesehatan tubuh.

Bahkan di dalam cerita sejarahnya, juga berhubungan dengan kolak ayam yang berasal dari bahan jintan hitam ini adalah untuk mengobati seseorang di saat masa kerajaan masih berdiri kokoh di Nusantara.

Krayahan Menyambut Si Kecil yang Baru Lahir

Kegiatan yang kedua, setelah kita mencoba menjelaskan kearifan lokal Kolak Ayam khas Gumeno berikut dengan acara kearifan lokal di saat bulan puasa, kita langsung coba masuk ke kearifan lokal yang kedua, yaitu Krayahan.

Saya, sebagai salah satu penduduk kota Gresik, menghadiri acara Krayahan tentu sudah pernah langsung saya datangi. Bahkan, masih kemarin tanggal 22 Juni 2022, di rumah kami menyelenggarakan acara Krayahan untuk putra kami yang baru lahir.
Acara ini ibarat sebagai tanda rasa syukur kepada yang Maha Pencipta, karena telah diberikan amanat seorang anak, dan tentunya lahir dengan selamat. Setelah pulang dari rumah sakit, yang di rumah langsung disibukkan dengan kegiatan masak-masak untuk sajian Krayahan. Menu makanannya bervariasi, meskipun terkesan sederhana.

Siapa pun yang menggelar acara Krayahan, memang tidak perlu dengan sajian yang mewah, yang penting acara ini tetap dilaksanakan sebagai bentuk menghargai adat dan budaya daerah di tempat tinggal.
Tidak perlu mengundang banyak orang, yang terpenting tetangga dekat daerah rumah yang kamu tinggali. Semoga dua kearifan lokal ini tetap terjaga.

Yuk Bergerak Menjaga Tradisi dengan Literasi Bersama IndiHome

Siapa yang masih asing dengan jaringan internet yang satu ini? Berarti Anda jarang bermain sosmed atau bermain internet, padahal dengan gadget dan sejenisnya untuk komunikasi dengan dunia luar. Kalau kita mengambil positifnya, Internetnya Indonesia ini bisa Menjadi salah satu jalan supaya literasi dan keilmuan, bahkan kearifan lokal bisa terjaga dengan baik.

Jaringan sinyal IndiHome menjadi jalan terbaik untuk melestarikan banyak hal, mulai dari literasi atau budaya menulis dan membaca, sehingga masyarakat tidak sampai tertinggal zaman yang kini kian modern, bahkan nilai positif dari Internetnya Indonesia, bisa untuk memperdalam ilmu dengan sajian artikel yang ada di google.

Contohnya saja, tradisi atau kearifan lokal suatu daerah, bisa sampai di telinga masyarakat Indonesia yang begitu luas. Jarak tidak menjadi penghalang, jika ada IndiHome, milik Telkom Group. Kita sebagai makhluk pintar, yuk manfaatkan IndiHome untuk meliterasikan Kearifan Lokal, supaya bisa lebih mencuat dan dikenali oleh bangsa kita sendiri, tidak di klaim orang luar negeri.

Tinggalkan komentar