Hai guys, sobat Nurchabisnis! Sudah saatnya owner Nurchabisnis bangkit dan nulis lagi. Meski hidup lagi capek-capeknya, tetap aja nulis dan tuang perasaan yang nggak enak jadi sekadar tulisan semrawut kayak ini, haha!

Bisnis is bisnis, masalah tetap aja terus berlanjut ya kan? Ah sudah, kita coba nih gali informasi tentang bisnis kepenulisan yang gampang banget dapat cuannya!

Eh maksudnya bisnis nulis yang lebih potensial dapetin cuan itu yang mana saja, mari kita pelajari!

5 Bidang Kepenulisan yang Bisa Menghasilkan Cuan

Sobat Nurchabisnis pasti penasaran, bisnis nulis apa aja yang bisa menghasilkan fee menarik, yuk kita grecep belajar di bawah ini:

1. Penulis Freelance

Penulis freelance itu biasanya hanya sebagai status seorang penulis yang bisa bekerja dari mana saja dan tidak terikat waktu. Namun ada kalanya, ia juga diberikan deadline oleh klien, tapi tidak terlalu ketat, tidak seperti penulis artikel tetap yang bekerja di kantoran.

Penulis freelance, statusnya adalah paruh waktu, sedangkan penulis tetap kebanyakan ia full time, tapi semua itu tergantung kebijakan dari pihak penyedia pekerjaan menulis.

Kalau saya sih, sebagai penulis freelance, karena menulisnya secara WFH, atau work from Home (dari rumah) dan sangat cocok bagi seorang ibu rumah tangga.

Bagaimana dengan cuan yang dihasilkan? Semakin kita aktif menulis, bayaran kita semakin banyak. Kebanyakan tulisan kita lolos sih, meski tidak sesuai dengan brieft, nanti masih dikasih kesempatan buat memperbaiki atau revisi.

2. Penulis Web Lepas

Bagaimana dengan status penulis Web lepas? Ini lebih ringan lagi nih, soalnya biasanya penulis freelance masih diberikan waktu deadline hanya saja durasi agak panjang. Tapi kalau yang web lepas mah, penulis lebih bisa bebas waktunya. Tergantung semampu kita, mau sering kirim, kesempatan diterima pun lebih banyak.

Meskipun kelemahannya, tulisan kita tidak musti diterima atau tidak lolos. Tapi kita tidak boleh menyerah.

Bagaimana dengan fee nya? Untuk fee penulis web lepas, semakin banyak yang lolos, semakin banyak feenya.

3. Penulis Artikel di Jasa Artikel

Penulis artikel di jasa artikel, jika statusnya WFH, berarti masuk kategori penulis freelance. Enaknya ikut jasa, tulisan kita dijamin lolos, selama menjadi penulis yang tidak bandel. Mau merevisi jika ada klien yang komplain, dan pihak jasa akan memberikan beberapa klue apa saja yang butuh diperbaiki.

Feenya bagaimana kak? Tergantung pihak jasa artikel sih, ada yang mau membayar bulanan, ada juga yang mingguan. Bahkan ada yang membayar per 5 artikel, mantap kan?

4. Penulis Naskah Buku

Kalau jadi penulis naskah buku? Peluang menjadi seorang penulis buku, masih sangat terbuka lebar. Meskipun, sekarang ini mencetak buku dan menjualnya dengan cara dicetak, sudah sangat berkurang.

Jika Anda masih tertarik menjadi penulis buku, sangat bagus untuk portofolio dan pekerjaan tetap loh!

5. Penulis E-Book

Selain ada penulis buku, pekerjaan freelance ternyata juga ada sebagai penulis E-Book, sebagai transformasi teknologi, rada menggeser penulis buku, jadi ia dijual dalam bentuk elektronik, biasanya PDF.

ditulis oleh

Nurcha Bisnis

Portal Bisnis yang selalu uptodate tentang bisnis kekinian. Niche wisata-kuliner, properti real este, bisnis rumahan, keuangan, skincare (beauty), dan review bisnis