Pengasuhan dengan bayi yang baru lahir, tidak mudah loh guys. Apa lagi, biasanya para Moms ini rentan dengan adanya babyblues, jadi harus lebih hati-hati.

Ilmu parenting harus ditanamkan sejak dini dan dipahamkan ke seluruh mama, baik masih muda atau sudah lama menjadi ibu, yaitu dengan menambah wawasan baik dengan membaca literatur atau langsung ke komunitas tertentu.

Merawat bayi baru lahir bisa menjadi pengalaman yang penuh tantangan, terutama bagi orang tua baru. Berikut adalah beberapa tips penting untuk membantu Anda merawat bayi Anda dengan baik:

1. Menyusui

Beberapa poin penting dalam tugas menyusui antara lain:

ASI Eksklusif

Menyusui adalah cara terbaik untuk memberikan nutrisi yang diperlukan bayi. ASI eksklusif selama 6 bulan pertama sangat disarankan karena mengandung semua nutrisi penting dan antibodi yang diperlukan bayi.

Posisi Menyusui

Pastikan posisi menyusui yang nyaman bagi Anda dan bayi. Posisi yang baik akan membantu bayi menyusui dengan efektif dan mencegah nyeri pada payudara.

2. Kebersihan Bayi

Kemudian juga ada hal yang tidak kalah penting, yaitu kebersihan bayi:

Memandikan Bayi

Mandikan bayi dengan air hangat. Gunakan sabun yang lembut dan khusus untuk bayi. Memandikan bayi 2-3 kali seminggu sudah cukup pada awalnya.

Merawat Tali Pusar

Jaga agar area sekitar tali pusar tetap bersih dan kering. Hindari menutupnya dengan popok dan biarkan terbuka untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Pola Tidur

Begitu juga tentang pola tidur bayi, harus stabil, biar si kecil tidak mudah rewel dan imunitas terjaga:

Tidur yang Cukup

Bayi baru lahir membutuhkan banyak tidur, sekitar 16-17 jam sehari. Pastikan bayi tidur dengan posisi terlentang untuk mengurangi risiko SIDS (sudden infant death syndrome).

Ritme Tidur

Cobalah untuk membentuk pola tidur yang konsisten. Tidurkan bayi di tempat tidur yang aman dengan kasur yang keras dan tidak ada benda-benda yang bisa menyebabkan bayi tercekik.

4. Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi mungil yang baru lahir, pasti lebih sensitif karena masih belum begitu sering interaksi dengan dunia luar kandungan. Jadi harus lebih dijaga:

Kulit Sensitif

Kulit bayi sangat sensitif, jadi gunakan produk perawatan yang lembut dan bebas dari pewangi dan bahan kimia keras.

Rutin Ganti Popok

Ganti popok secara rutin untuk mencegah iritasi kulit. Bersihkan area popok dengan lembut menggunakan air hangat atau tisu bayi tanpa alkohol.

5. Imunisasi

Hal yang sudah dianggap biasa atau identik dengan bayi baru lahir adalah imunisasi. Hal ini sangat dianjurkan untuk memberikan perlindungan kepada bayi, terhadap virus-virus jahat di dunia, namun ada orang juga yang masih kurang mau mengikuti kegiatan imunisasi, dan ini sangat perlu diedukasi.

Jadwal Imunisasi

Ikuti jadwal imunisasi yang direkomendasikan oleh dokter. Imunisasi penting untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit berbahaya.

Merawat bayi baru lahir memerlukan kesabaran dan perhatian yang besar, namun dengan pengetahuan dan persiapan yang baik, Anda dapat memberikan perawatan terbaik untuk buah hati Anda. Selalu ikuti saran dari tenaga medis dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan.

Apa Itu Komunitas PAFI

PAFI adalah salah satu komunitas yang diarahkan untuk para medis, atau petugas farmasi, dalam kata lain kumpulan ahli farmasi.

Yups, sesuai dengan singkatan, PAFI ini singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi di mana kumpulan ini sudah terbentuk sejak tahun 1946, dan diurus oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

Para pengasuh atau orang tua bisa mendapatkan edukasi dari komunitas ini. Di setiap daerah ada, di antaranya di Kota Kaur Selatan, cek di pafikotakaurselatan.org.

ditulis oleh

Nurcha Bisnis

Portal Bisnis yang selalu uptodate tentang bisnis kekinian. Niche wisata-kuliner, properti real este, bisnis rumahan, keuangan, skincare (beauty), dan review bisnis